Manfaat internet bagi pelajar dapat dinikmati sangat besar pada
akhir ini. Marilah mengingat sejarah sejenak mengenai tata cara
pendidikan pada beberapa waktu lalu. Sejarah telah menorehkan catatan
cukup jelas di mana masyarakat Indonesia pertama kali mengenal alat
tulis adalah berupa marmer dan gamping (kapur tulis). Di mana mereka
harus menghafal dan memahami pelajaran secepat mungkin karena akan
dihapus dan digunakan menulis lagi pada pertemuan selanjutnya.
Perkembangan dunia pendidikan berlanjut ketika pelajar Indonesia bisa
sedikit bernapas lega karena hadirnya buku tulis. Ketebalan tulis pada
zaman ini masih terasa tipis sekali. Hanya orang berduit yang bisa
membelinya. Itupun kadang jika lembaran buku telah habis terpaksa ia
hapus catatan satu halaman per halaman menggunakan karet penghapus
ataupun dicuci dengan sedikit air kemudian dijemur hingga kering.
Pada tahun 2000 atau sering disebut orang sebagai tahun milenium, begitu
juga dengan keadaan di Indonesia yang mengalami pembangunan yang cukup
signifikan. Keberadaan alat tulis sudah mulai terjamin pada tahun ini.
Buku-buku berpenampilan cantik sudah mulai menghiasi ruangan-ruangan
kelas. Begitupun dengan alat tulis lainnya seperti pensil, pulpen,
penggaris dan lain-lain tampak terhias manis di meja-meja para pelajar.
Satu dasawarsa kemudian mulai hadirlah komputer sebagai alat kelengkapan
belajar bagi pelajar. Meski hanya beberapa orang saja yang mampu
mempunyai satu unit komputer, tetapi fakta menunjukkan anak yang tidak
memiliki pun tidak kalah hebatnya dalam mengoperasikan komputer. Hal ini
ditunjang dengan menjamurnya bisnis-bisnis warnet (warung internet)
sampai ke pelosok desa. Pada era ini mulailah dampak
manfaat internet bagi pelajarbisa dirasakan.
Kebanyakan para pelajar ketika mengakses internet di sekolah cukup
antusias. Dari hasil survei beberapa waktu yang lalu, pelajaran komputer
atau apapun yang menggunakan internet sebagai sarana penunjangnya
menjadi pelajaran favorit pelajar. Lebih-lebih jika mereka mendapatkan
kebebasan untuk berselancar secara bebas di dunia maya. Tentu sebelumnya
dilakukan beberapa pemblokiran terhadap situs-situs tertentu oleh pihak
sekolah.
Berikut ini beberapa
manfaat internet bagi pelajarapabila digunakan sebagai media pelengkap kegiatan belajar mengajar :
1. Meningkatkan semangat pelajar dalam belajar
Pembelajaran menggunakan internet sangatlah variatif. Guru bisa
menampilkan file-file berupa gambar dan video sebagai variasi dalam
pembelajaran. Sehingga para pelajar tidak harus menemukan pelajaran
berupa teks dan teks saja. Dengan beragam cara mengajar materi
menggunakan manfaat internet bagi pelajarinilah, maka pelajar bisa menghilangkan rasa bosannya ketika sedang belajar.
2. Menguasai materi lebih mendalam
Penulis buku mungkin menyajikan materinya sebatas sampai 200 halaman
saja. Itupun kemudian dibagi lagi menjadi beberapa bab dan sub-bab
materi pelajaran. Dengan
memanfaatkan internetsaat kegiatan
belajar sedang berlangsung, maka jika dirasa materi masih kurang, guru
bisa dengan cepat mencari sumber yang lain. Materi yang dimaksud bisa
berupa alat peraga ataupun ilustrasi untuk kebutuhan pemahaman pelajar.
3. Meningkatkan rasa ingin tahu pelajar
Pelajar di Indonesia pada umumnya langsung puas terhadap materi yang
disampaikan oleh guru. Selain karena mungkin pembahasan oleh guru sudah
memuat semuanya secara langsung, kebanyakan juga berpikir pada
pertanyaan-pertanyaan latihan soal yang ada di buku pelajaran kurang
variatif. Misalnya adalah apa yang dimaksud dengan ekosistem? Padahal di
halaman sebelumnya terpampangjelas bahwa ekosistem adalah bla bla bla.
Dengan adanya internet, pelajar bisa menemukan informasi baru yang
mungkin belum diketahui olehnya sehingga kesadaran akan bertanya
mengenai sesuatu lantas muncul.
4. Efektifitas belajar bagi pelajar
Ketika kegiatan belajar sudah menggunakan internet, aktivitas mencatat
materi sudah bisa tergantikan. Sebab materi bisa langsung dikirim ke
komputer pelajar atau dicetak di atas kertas. Sedangkan kegiatan
mencatat materi yang selama ini dilakukan bisa diganti menjadi kegiatan
membahas materi lebih mendalam atau games edukasi yang berhubungan
dengan topik pembahasan.
5. Pelajar menjadi lebih kreatif
Di dalam kegiatan belajar mengajar menggunakan internet, ada baiknya
sesekali guru memberikan sentilan positif. Dalam artian guru
menyampaikan informasi materi yang bersumber dari luar negeri. Karena
berasal dari luar negeri, penggunaan bahasa dalam artikel pun memakai
bahasa asing misalnya bahasa inggris. Pada mulanya kemungkinan pelajar
akan terkejut menghadapi hal ini. Namun ketika mereka telah terbiasa
menghadapi kata asing maka hiduplah kesadaran pelajar untuk
menerjemahkannya secara mandiri tanpa dipandu guru sebelumnya.
Memang dirasakan pembelajaran menggunakan internet masih sangat riskan.
Hal ini terjadi karena keabsahan materi yang bisa terbantahkan,
kejelasan materi yang patut dipertanyakan serta lain sebagainya. Untuk
itulah diperlukan research terlebih dahulu oleh pihak sekolah mengenai
bahan ajar yang akan disampaikan sehingga dapat dirasakan
manfaat internet bagi pelajar
Tidak ada komentar:
Posting Komentar